H. Getaran

Versi Bahasa Inggris (Klik Disini)

Getaran

Getaran adalah gerak bolak-balik yang selalu melewati titik kesetimbangan.

gambar 9. Getaran Pada Pegas yang Diberi Beban

Gambar (a) menunjukkan sebuah pegas yang salah satu ujungnya dipasang pada statif (tembok), sedangkan ujung lainnya diberi beban. Dalam keadaan setimbang (benda tidak ditarik atau ditekan), beban berada di titik . Titik ini dinamakan titik kesetimbangan.

Gambar (b) menunjukkan beban disimpangkan ke kanan sejauh , kemudian dilepas. Menurut Hukum Hooke, pegas mengerjakan gaya pada beban yang menariknya pada posisi kesetimbangan. Akan tetapi, karena beban ini dipercepat oleh gaya pemulih , beban melewati titik kesetimbangan dengan kecepatan tertentu. Ketika melewati titik kesetimbangan, gaya yang bekerja pada beban sama dengan nol, sebab . Akan tetapi, kecepatanbeban pada saat melewati titik kesetimbangan bernilai maksimal (gambar c). Oleh karena itu, beban terus bergerak ke kiri dan bersamaan dengan itu gaya pemulih sekarang berubah ke kanan. Akibatnya, kecepatan beban berkurang dan menjadi nol di    . Beban bergerak lagi ke kanan, melalui titik kesetimbangan dan akhirnya berhenti sesaat di titik .

Selanjutnya, beban bergerak ke kiri lagi dan seterusnya, gerakan beban bolak-balik di antara  dan . Pada peristiwa getaran pegas ini, gaya pegas berperan sebagai gaya pemulih. Arah gaya pemulih selalu menuju titik kesetimbangan.

Untuk menganalisis getaran, ada beberapa istilah yang perlu diketahui.

a)      Simpangan

Simpangan adalah jarak antara posisi beban terhadap titik kesetimbangan.

b)      Simpangan maksimum (Amplitudo),

Simpangan maksimum yaitu jarak paling jauh diukur dari titik kesetimbangan, dinamakan amplitudo, dengan simbol A. Satu siklus atau satu getaran adalah getaran dari titik tertentu dan kembali lagi ke titik yang sama berikutnya,

 ke   dan kembali lagi .

c)      Periode

Periode dengan simbol , adalah waktu yang diperlukan untuk satu kali getaran.

d)     Frekuensi

Frekuensi dengan simbol adalah jumlah getaran dalam 1s. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz).

Hubungan antara periode dan frekuensi adalah :

<< Materi Sebelumnya | Materi Selanjutnya >>

Leave a comment