E. Teropong

Versi bahasa inggris [klik di sini]

Teropong merupakan alat optik ntuk melihat benda-benda jauh. Teropong berfungsi “mendekatkan” benda ke mata kita. Ada dua jenis teropong, yaitu teropong bias dan teropong pantul. Teropong bias menggunakan lensa, teropong pantul menggunakan cermin.

Ada beberapa contoh teropong pantul, yaitu teropong Cassegrain, teropong Newtonian, teropong Gregorian. Adapun teropong bias yang akan kita pelajari meliputi teropong bintang, teropong bumi, dan periskop.

Gambar 12. Teropong Newtonian merupakan salahatu teropong pantul

 1.      Teropong Bintang

Teropong bintang dignakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti bintang, planet, dan asteroid. Teropong bintang menggunakan dua lensa cembung, sat sebagai lensa objektif, dan yang lain sebagai lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif lebih pajang daripada jarak fokus lensa okulernya (fob>fok). Kedua tititk fokus tersebt beimpit.

Gambar 5. Boscha, salah satu contoh teropong bintang di Indonesia

Prinsip kerja teropong bintang sama dengan prinsip kerja mikroskop pada saat mata tak berakomodasi. Bayangan benda langit yang sangat jauh (Sob=∞) akan berada di titik fokus lensa objektif, (S’ob=fob). Bayangan dari lensa objektif menjadi benda bagi lensa okuler.

Gambar 13. teropong bintang yang merupakan teropong bias

Titik fokus lensa okuler berimpit dengan titik fokus lensa objektif, bararti bayangan dari lensa objektif tadi berada di titik fokus lensa okuler. Oleh lensa okuler, bayangan dari lensa objektif akan dibiaskan lagi hingga terbentuk bayangan akhir di tak berhingga. Dengan demikian, mata dapat mengamatinya tanpa berakomodasi.

Gambar 14. Pembentukan bayangan pada teropong bintang

Perbesaran bayangan pada teropong bintang untuk mata tak berakomodasi dapat ditentukan dengan rumus:

Panjang teropong bintang (d) adalah jarak antara lensa objektif dan okulernya,

2. Teropong  Bumi

Teropong bumi digunakan untuk melihat benda-benda di permukaan bumi. Teropong bumi terdiri atas tiga lensa cembung yang masing-masing berperan sebagai lensa objektif, lensa pembalik, lensa okuler. Lensa pembalik berfungsi membalik bayangan dari lensa objektif agar teramati seperti keadaan aslinya oleh lensa okuler (tidak terbalik).

Gambar 14. Teropong bumi

Selain keberadaan lensa pembalik, prinsip kerja teropong bumi sama dengan prinsip kerja teropong bintang. Perbesaran bayangan pada teropong bumi juga dapat ditentukan dengan rumus:

Baca selengkapnya…

3.      Periskop

 

Gambar 16. Seorang prajurit mengintai dari dalam kapal selam menggunakan periskop

Periskop merupakan alat optik yang biasanya digunakan dalam kapal selam. Periskop digunakan untuk mengamati benda-benda di permkaan air. Perskop terdiri atas dua lensa cembung dan dua prisma siku-siku.

Gambar 17. Pembentukan bayangan pada periskop

Leave a comment