B. Satuan

Versi Bahasa Inggris (klik disini)

Dalam menuliskan hasil sebuah pengukuran harus dinyatakan secara lengkap, baik niai besaran maupun satuan yang digunakan. Contoh hasil pengukuran berikut ini:

  • Tinggi jendela 1 meter
  • Massa satu sak semen 40 kilogram
  • Lama watu bumi berotasi satu kali adalah 24 jam

Pada contoh di atas angka 1, 40, dan 24 menyatakan nilai besaran . Sedangkan meter, kilogram dan jam adalah satuan masing-masing besaran tersebut. Dengan bentuk penulisan seperti itu (nilai besaran dan dilengkapi satuan), maka tidak akan menimbulkan penafsiran yang berbeda-beda.

Nilai Standar Satuan

Supaya terjadi keseragaman di seluruh dunia, maka nilai satuan-satuan standar perlu dibakukan. Sepanjang apakah satu meter itu? Selama apakah satu sekon itu? Sepanas apakah satu Kelvin itu? Nilai satuan-satuan standar yang diterima saat ini asalah sebagai berikut.

1. Standar satuan panjang

Gambar 3. Meter standar
Gambar 3. Meter standar

Meter pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Perancis (Académie des sciences) sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang permukaan Bumi dari Kutub Utara hingga Khatulistiwa melalui meridian Paris pada tahun 1791, dan pada 7 April 1795 Perancis menggunakan meter sebagai jarak resmi untuk panjang. Ketidakpastian dalam pengukuran jarak tersebut menyebabkan Biro Berat dan Ukuran Internasional (BIPM – Bureau International des Poids et Mesures) menetapkan 1 meter sebagai jarak antara dua garisan pada batang platinum-iridium yang disimpan di Sevres, Perancis pada tahun 1889.

Pada tahun 1983, BIPM menetapkan satu meter sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/229.792.458 sekon. Oleh karena kecepatan cahaya dalam vakum adalah sama di manapun saja, definisi ini lebih universal dibandingkan dengan jarak ukurlilit bumi atau panjang batang logam tertentu. Oleh karena itu, jika batang logam itu hilang atau musnah, panjang meter standar masih dapat diulangi dalam laboratorium manapun. Selain itu ia secara teori dapat diukur dengan lebih tepat dibandingkan dengan ukuran yang lain.

2. Standar satuan massa

Gambar 2. Kilogram Standar
Gambar 3. Kilogram Standar

Satu kilogram adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari paduan logam platina dan iridium yang tersimpan di International Bureau of Weights and Measures di kota Sevres, Perancis.

.

.

.

3. Standar satuan waktu

Gambar 3. Komponen jam atom yang dihasilkan dari getaran atom Cesium-133
Gambar 4. Komponen jam atom  Cesium-133

Satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh cahaya yang dipancarkan atom cesium-133untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

.

.

.

.

.

4. Standar satuan kuat arus listrik

Satu ampere adalah kuat arus yang mengalir pada dua kawat sejajar yang masing-masing panjangnya tak berhingga yang terpisah sejauh 1 m dan ditempatkan dalam ruang hampa sehingga kedua kawat melakukan gaya 2 x 10 -7 N/m

5. Standar satuan suhu

Suhu titik triple air (suhu dimana terjadi keseimbangan antara fasa cair, uap dan gas dari air) didefinisikan memiliki nilai 273,16 kelvin.

6. Standar satuan intensitas cahaya

Satu candela adalah intensitas pencahayaan pada arah tertentu dari suatu sumber radiasi monokromatik (yaitu radiasi yang hanya memiliki satu panjang gelombang) dengan frekuensi 540 x 1012 hertz yang memiliki intensitas radian dalam arah itu sebesar 1/683 watt tiap steradian.

7. Standar satuan jumlah zat

Satu mol adalah jumlah atom yang terkandung dalam 0,012 kg karbon isotop-12.

Awalan Satuan

Dari hasil pengukuran, kadang-kadang diperoleh angka-angka yang sangat besar atau sangat kecil. Sehingga untuk mempermudah penulisannya digunakan awalan dengan sepuluh berpangkat. Misalnya, satu juta meter sama dengan satu megameter (106 m).

Tabel 3. Awalan satuan dalam fisika
Tabel 3. Awalan satuan dalam fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: