Bab 2. ELASTISITAS

Versi Bahasa Inggris ( Klik Disini )

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melakukan aktifitas-aktifitas yang bersangkutan dengan penerapan ilmu fisika. Berikut ini adalah beberapa penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam penerapan Elastisitas. Perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 1. Spring Bed/ Kasur Pegas
Ketika dirimu duduk atau tidur di atas kasur pegas, gaya beratmu menekan kasur. Karena mendapat tekanan maka pegas kasur termampatkan. Akibat sifat elastisitasnya, kasur pegas meregang kembali. Pegas akan meregang dan termampat, demikian seterusnya.

Gambar 2. Shock Breaker
Gambar di atas adalah pegas yang digunakan sebagai peredam kejutan pada kendaraan sepeda motor. Pegas digunakan pada sistem suspensi kendaraan bermotor. Tujuan adanya pegas ini adalah untuk meredam kejutan ketika sepeda motor yang dikendarai melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Gambar 3. Ketapel
Contoh yang sangat sederhana dan mungkin sering anda temui adalah ketapel. Ketika hendak menembak burung dengan ketapel misalnya, karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya tarik). Akibat sifat elastisitasnya, panjang karet ketapel akan kembali seperti semula setelah gaya tarik dihilangkan.

Materi Selanjutnya >>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: